Cara Hemat Bangun Rumah Minimalis

  Cara Hemat Bangun Rumah Minimalis

Semua orang khususnya yang sudah memiliki keluarga tentu mendambakan rumah sendiri. Hal ini karena rumah merupakan tempat berkumpulnya semua anggota keluarga. Sebab itulah semua orang membangun rumah selalu mengutamakan kenyamanan. Kenyamanan yang ada di dalam rumah tentu akan memberikan rasa kasih sayang dan kehangatan bagi semua anggota keluarga.

Namun tidak semua orang beruntung bisa memiliki sebuah rumah sendiri. Harganya yang terbilang cukup menguras uang, banyak orang yang harus rela untuk menyewa rumah terlebih dahulu. Padahal jika dihitung secara keseluruhan menyewa rumah atau kontrakan kurang menguntungkan. Hal tersebut karena hanya akan terus membayar sewa tanpa bisa memilikinya sendiri.

Pentingnya Membangun Rumah Sendiri

Kenapa membangun rumah sendiri itu penting???. Iya tentu membangun rumah itu penting, karena dapat sebagai tempat tinggal untuk jangka waktu yang lama. Selain itu ketika anak-anak dewasa dapat diwariskan untuk mereka. Sebab itulah kenapa membangun rumah itu sangat penting.

Coba Anda bayangkan jika Anda akan selalu melakukan sewa rumah untuk sebuah tempat tinggal. Biaya yang sudah dibayarkan bertahun-tahun tentu akan menumpuk sangat banyak. Tentunya pihak pemilik kontrakan yang paling akan diuntungkan. Memang biaya untuk membangun sebuah tempat tinggal tidaklah murah, namun perlu Anda ketahui untuk mewujudkan impian memiliki rumah dapat dilakukan dengan menggunakan metode menabung. Sedikit demi sedikit tentu lama-lama akan terkumpul dengan jumlah yang besar.

Cara Hemat Membangun Rumah Minimalis

Tentu Anda sudah sangat tidak asing saat mendengar rumah minimalis. Rumah minimalis adalah konsep bangunan yang menekankan pada kesederhanaan bentuk dengan tujuan memaksimalkan lahan tanah yang tidak begitu luas. Sehingga memberikan nilai efisiensi bangunan dengan mengetahui harganya. Berikut ini cara hemat untuk dapat membangun rumah minimalis, yaitu:

Rencanakan Pembangunan Lebih Matang

Buatlah catatan rencana pembangunan rumah yang akan Anda lakukan. Mulai dari anggaran, bahan material, denah, luas, ukuran bangunan, pekerja, hingga waktu pengerjaan rumah. Hal ini penting untuk dilakukan karena menyangkut waktu dan juga uang. Jadi rencanakan dengan baik segala sesuatu hal yang berhubungan dengan rumah. Tujuannya agar dapat selesai tepat waktu.

Memilih Lahan Yang Kecil

Untuk membuat rumah, hal pertama yang harus dipikirkan adalah lahan. pastikan untuk memilih lahan dengan luas yang relatif kecil untuk memangkas budget. Lahan yang kecil akan mengharuskan Anda membuat rumah yang relatif kecil. Dengan begitu, selain biaya pajak yang Anda keluarkan akan lebih murah, biaya membangun rumah pun tidak akan membengkak.

Menggunakan Rangka Atap Baja Ringan

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir harga material bangunan yang mahal. Salah satunya adalah dengan menggunakan beton cor dan sedikit kayu sebagai konstruksi atap. Namun, cara ini akan menambah beban bangunan serta pondasi. Solusi untuk hal ini adalah dengan menggunakan baja ringan. Walaupun biayanya sedikit lebih mahal, bangunan dan pondasi tidak akan terlalu terbebani. Cara pemasangannya yang praktis juga akan menghemat waktu yang berarti biaya pekerja bangunan pun akan ikut berkurang.

Melakukan Survei Bahan Material

Membangun rumah yang hemat biaya tentu membutuhkan strategi yang dipikirkan matang-matang. Salah satu strategi yang harus dicoba adalah melakukan survei material. Cobalah untuk membandingkan harga material dari satu toko ke toko lain. Bila diperlukan, Anda juga bisa meminta saran pada orang yang sudah ahli pada bidangnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan bangunan lokal yang lebih murah dari pada bahan bangunan produksi luar negeri.

Bangun Rumah Secara Bertahap

Menabung untuk rumah akan memerlukan waktu yang sangat lama. Salah satu yang bisa dapat Anda lakukan adalah membangun rumah secara bertahap. Mulailah dengan membuat pondasi dan lanjutkan dengan proses pembangunan yang lain sesuai dengan dana yang ada. Membuat rumah dengan cara seperti ini memang akan memakan waktu yang sangat lama. Namun cara seperti ini akan memberikan Anda banyak waktu untuk menyiapkan dana yang dibutuhkan.

Pilih Bentuk Persegi Atau Persegi Panjang

Membangun rumah standar dengan bentuk persegi atau persegi panjang memiliki lebih banyak keuntungan. Bentuk ini sudah banyak dikenal oleh para pekerja bangunan, sehingga lebih mudah untuk dikerjakan. Selain itu biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah berbentuk persegi atau persegi panjang lebih terjangkau.

Manfaatkan Jasa Kontraktor

Menggunakan jasa kontraktor untuk pembangunan rumah tentu akan mempermudah dan mempercepat proses pembangunan. Selain itu karena sudah berpengalaman untuk urusan bangun rumah, tentunya akan bermanfaat untuk Anda. Segala sesuatu yang berhubungan dengan rumah akan dikerjakan sebaik mungkin.

Untuk Anda yang membutuhkan jasa pembangunan rumah minimalis, renovasi dan pembangunan rumah atau bangunan, dapat menghubungi Jasa Renovasi Rumah Probolinggo. Untuk Anda yang berada di Wilayah Probolinggo, Pasuruan, Bondowoso, Lumajang, Malang & sekitarnya dan tertarik untuk menggunakan jasa kami, Anda dapat menghubungi tim kami pada nomor 082322556161  untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.


Terimakasih


Cara Hemat Bangun Rumah Minimalis

Komentar